Sabtu, 15 Maret 2008

FEDEP KENDAL IKUTI MUSRENBANG


Fedep Kendal ikuti Musrenbang

Sejak dilakukannya inisiasi pembentukan FEDEP yang diperkuata dengan kehadiran Keputusan Bupati Kendal Nomor 50/05/2008 tertanggal 7 Januari 2008 Tentang Pembentukan Tim Pengarah dan Tim Pelaksana Forum Pengembangan Ekonomi dan Perluasan Lapangan Kerja (Forum For Economid Development and Employment Promotion – FEDEP) Kabupaten Kendal Masa Bakti 2008 – 2012, FEDEP Kabupaten Kendal telah menyelenggarakan dan mengikuti berbagai kegiatan dalam upaya peningkatan kapasitas anggota dan kelembagaan FEDEP maupun dalam upaya menjalankan tugas dan fungsinya.

Kegiatan yang telah dilaksanakan dan diikuti diantaranya :
1. Melakukan studi banding ke lokasi FEDEP Kabupaten Magelang;
2. Mengadakan Pelatihan Dasar bagi anggota FEDEP Kabupaten Kendal;
3. Menghadiri berbagai undangan rapat dan koordinasi di tingkat provinsi yang diselenggarakan baik oleh Bappedaprov, Forum Pengembangan Ekonomi dan Sumber Daya (FPESD) Provinsi Jawa Tengah, maupun Instansi lainnya di tingkat provinsi;
4. Menyelenggarakan berbagai rapat koordinasi anggota untuk membahas berbagai kebutuhan dan rencana kerja FEDEP;
5. Mengirimkan anggota untuk mengikuti Training of Facilitator Sistem Improvement Action Plan (TOF SIAP) yang diselenggarakan oleh Bappedaprov dan Local Governance Support Program – USAID;
6. Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Kendal, 13 Maret 2008.

Sementara itu, kegiatan yang masih dalam tahap perencanaan diantaranya adalah :
1. Melakukan audiensi dengan DPRD Kabupaten Kendal;
2. Pengukuhan dan audiensi dengan Wakil Bupati Kendal;
3. Mengembangkan Website FEDEP Kendal dalam upaya memperkenalkan potensi ekonomi lokal Kabupaten Kendal;
4. Menjalankan program kerja FEDEP.

Sesuai dengan tugas dan fungsinya, FEDEP memberikan rekomendasi kepada SKPD terkait program yang berdasarkan dialog antar pelaku dipandang potensial untuk dikembangkan sebagai upaya pengembangan ekonomi lokal dan peningkatan lapangan kerja. Hasil dialog tersebut telah dimasukkan ke dalam rencana program SKPD tahun 2009 dan peran anggota FEDEP diharapkan mampu memberikan masukan dan informasimengawal, membantu, mengawasi dan mengevaluasi program-program tersebut.

Salah satu hal penting yang patut dicatat dalam Musrenbang Kendal saat ini adalah apa yang disampaikan oleh Wakil Bupati Kendal dimana diharapkan tidak ada lagi program pembangunan yang muncul secara mendadak tanpa melalui mekanisme perencanaan pembangunan. Sehingga semua pihak khususnya anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, dalam menyuarakan aspirasi konstituennya dapat mengoptimalkan peran dan fungsinya melalui mekanisme Musrenbang tersebut.